LAYANAN PEMBERITAHUAN: MEDIA GMNI SULTRA adalah Portal Informasi Resmi GMNI yang ada di Sultra dan ditujukan sebagai Media Perjuangan, Informasi, dan Media Pendidikan GMNI di Sultra.

GMNI Kendari Dalam Lintasan Sejarah (2)

Sampul depan buku. 


Baca juga sebelumnya: GMNI KENDARI DALAM LINTASAN SEJARAH (1)

Sejarah Pertarungan Ide dan Dinamika GMNI Kendari dari Konfercab ke Konfercab

~ Masa Pembentukan Carateker DPC GMNI Kendari (2015/2016)

Masa pembentukan DPC Carateker GMNI Kendari, berjalan lurus dan tidak memiliki hambatan apapun didalamnya. Sehingga DPC Carateker GMNI Kendari berdiri dengan sangat cepat yakni PPAB untuk Pembentukan DPC ditanggal 21 Agustus 2015 dan SK Kepengurusan diterbitkan tanggal 26 Agustus 2015.

DPC Carateker GMNI Kendari berdiri saat itu ditandai dengan SURAT KEPUTUSAN Nomor: 201/SK/Pres.GMNI/VIII/2015 Tentang: Pengesahan Pengurus DPC Caretaker GMNI Kendari yang ditandatangani oleh Twedy Noviady sebagai Ketua dan Bintar L Pradita sebagai Sekjend Presidium GMNI di Jakarta dengan formasi pengurus sebagai berikut :

Pengurus DPC Carateker GMNI Kendari Periode 2015-2016 berdasarkan SK Nomor: 201/SK/Pres.GMNI/VIII/2015 Tentang: Pengesahan Pengurus DPC Caretaker GMNI Kendari:

Ketua : Zulzaman

Wakil Bidang Organisasi : La Ode Adras

Wk Bidang kadernisasi : Muh. Irwan Mangkana

Wakil Bidang Politik : Abdul Rahman

Wakil Bidang Agitprop aksi : La Ato

Wakil Bidang Pergerakan Sarinah : Rahmah Raimuna.

Wakil Bidang Sosial Budaya dan Kerohanian : La ode Jefri Pratama

Wakil Bidang Litbang : Badri Baharudin

Wakil Bidang Ekonomi : Rizal Candra Saputra

Sekretaris : Indrawan

Wakil Sekretaris Bidang Organisasi : Wandi Wijaksono

Wakil Sekretaris Bidang kadernisasi : Gede Ngurah

Wakil Sekretaris Bidang Politik : Aksarudin

Wakil Sekretaris Bidang Agitprop aksi : Muh. Amang

Wakil Sekretaris Bidang Pergerakan Sarinah  : _

Wakil Sekretariat Bidang Sosial Budaya dan Kerohanian : Mubarak

Wakil Sekretaris Bidang Litbang : Abdul Wahab

Wakil Sekretaris Bidang Ekonomi : Adi Setiawan

Bendahara : La Ode Suprianto

Wakil Bendahara I : La Ode Hani

Wakil Bendahara II : Risal Papalia

Masa kepengurusan DPC GMNI Kendari adalah selama 1 (satu) tahun, berlaku sejak tanggal ditetapkannya hasil Musyawarah Pembentukan Fungsionaris pengurus DPC GMNI Kendari. 

Masa kepengurusan berlaku sejak Tanggal 24 Agustus 2015 s.d 24 Agustus 2016.


Salinan SK Nomor : 201/SK/Pres.GMNI/VIII/2015 Tentang : Pengesahan Pengurus DPC Caretaker GMNI Kendari.


~ Konfercab I GMNI Kendari

Konfercab I GMNI Kendari saat itu terlalu dini dilaksanakan dengan tanggal yang terlampau jauh dari jatuh temponya,  yakni tanggal 26 Agustus 2017, sementara keputusan yang diambil oleh DPC GMNI Kendari pada tanggal 04-05 Juni 2016 yang bertempat di Aula FISIP Kampus Universitas Halu Oleo (UHO).

Keputusan itu dilakukan oleh Ketua Cabang tanpa melibatkan Sekretaris Cabang dan beberapa pengurus cabang lain, sehingga hal itu memicu konflik internal dalam tubuh GMNI Kendari.

Alasan yang diperoleh dari Ketua untuk mempercepat Konfercab adalah untuk mengefisienkan kepemimpinan DPC GMNI Kendari yang kata ketua, sekretaris tak lagi berfungsi sebagai mana mestinya.

Sementara Sekretaris, berdalih bahwa pemikirannya dan pengurus lainnya untuk menjalankan GMNI di Kendari tak pernah didengarkan untuk dimusyawarah dan yang selalu terjadi adalah keputusan tunggal ketua yang menghilangkan kepemimpinan kolektif dalam GMNI. 

Dari itu pula Sekretaris Cabang tak lagi harmonis dengan Ketua, sehingga hal itu memicu perlawanan di Konfercab I GMNI Kendari pada tanggal 4/5 Juni 2016 dan berlangsung hingga terpilih kembali Zulzaman sebagai Ketua DPC GMNI Kendari sampai Konfercab itu selesai.

Pasca Konfercab, Perlawanan Sekretaris Cabang cs terus berlangsung. Perlawanan itu dilakukan dengan melayangkan Laporan Gugatan ke Presidium GMNI yang dipimpin Crisman Damanik. Akibat dari perlawanan itu, DPC GMNI Kendari terbelah menjadi dua atau lebih tren disebut dualisme dan berdampak pada terhambatnya penerbitan SK yang dilakukan oleh Presidium GMNI yang harusnya maksimal 1 bulan pasca pengajuan permohonan penerbitan SK sesuai dengan aturan GMNI. 

Konfercab saat itu berakhir pada tanggal 5 Juni 2016, sementara SK Kepengurusan DPC GMNI Kendari, barulah diterbitkan oleh Presidium GMNI ditanggal 27 Oktober 2016 dengan rentan waktu 4 bulan setelah konfercab.

(Red: Didalam Konfercab itu dihadiri dan dibuka langsung oleh Pengurus Presidium GMNI Periode 2015/2017, Refiansyah).

Formasi Pengurus DPC GMNI Kendari Periode 2016/2018 berdasarkan SURAT KEPUTUSAN Nomor: 69 /SK/Pres.GMNI/X/2016 Tentang: Pengesahan Pengurus DPC GMNI Kendari adalah sebagai berikut :

Ketua : Zulzaman

Wakil Ketua Bidang Organisasi : Muh.Irwan Mangkana

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi : Abdul Wahab

Wakil Ketua Bidang Agitprop Dan Aksi : Abdul Rahman

Wakil Ketua Bidang Hub.Luar Dan Politik : Muh.Amang

Wakil Ketua Bidang Litbang : Gede Ngurah

Sekretaris : Rahmah Raymuna

Bendahara : Aksaruddin

Masa kepengurusan DPC GMNI Kendari adalah selama 2 (dua) tahun, berlaku sejak tanggal ditetapkannya hasil Konfercab DPC GMNI Kendari. 

Masa kepengurusan berlaku sejak Tanggal 05 Juni 2016 s.d.05 Juni 2018.


Salinan SK Nomor: 69 /SK/Pres.GMNI/X/2016 Tentang: Pengesahan Pengurus DPC GMNI Kendari.


Meskipun SK kepengurusan sudah diterbitkan oleh Presidium GMNI, Perlawanan yang dilakukan Sekretaris cs tak berhenti, perlawanan itu berlangsung sampai ke Rakornas GMNI di Kabupaten Kuningan. Keputusan Rakornas di Komisi Organisasi saat itu mengeluarkan surat rekomendasi untuk meninjau kembali penerbitan SK kepengurusan DPC GMNI Kendari Nomor: 69 /SK/Pres.GMNI/X/2016. Surat Rekomendasi itu sampai saat ini tak ditindak lanjuti oleh Presidium saat itu yang dipimpin oleh Crisman Damanik dan Pius Faik Bria. 


Surat Rekomendasi Rakornas GMNI di Kuningan yang ditandatangani pada tanggal 12 November 2016 di Komisi Organisasi oleh Pimpinan sidang 1 Nabrisi Rohid dan pimpinan sidang 2 Riski Ananda Pablo.


~ Masa Konfercab II GMNI Kendari

GMNI Kota Kendari menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) ke II yang dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 22 Juli 2018 di Aula Kanwil Departemen Agama (Depag) Sultra.

Konfercab ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja organisasi selama satu periode, merumuskan program kerja organisasi periode selanjutnya dan memilih pengurus cabang untuk periode berikutnya.

Didalam Konfercab itu pula dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua Umum DPP GMNI Periode 2017/2019, Robaytullah Kusuma Jaya. 

Didalam konfercab ini, sedikit mengalami dinamika dimana para calon ketua yang berjumlah dua orang sampai melakukan adegan menangis disalah satu tempat dihadapan seseorang yang dianggap mempunyai legitimasi bisa mengatur siapa yang akan menjadi ketua di DPC GMNI Kendari Periode 2018/2020.

Adegan tangis-menangis itu dilakukan oleh Abdul Wahad dan Musrivin dikala mereka dalam pemilihan memiliki suara yang sama atau seri. 

Karena adanya adegan tangis-menangis itu dan tangis-menangis itu harus dihentikan, maka diaturlah diantara keduanya yang dipaketkan saja untuk menjadi ketua dan sekretaris (Tadinya keduanya bersaing merebut kursi ketua DPC GMNI Kendari). Saat itu disepakatilah Abdul Wahad menjadi Ketua dan Musrivin menjadi Sekretaris DPC GMNI Kendari untuk menghindari perpecahan diantara mereka. 

Hal mendasar yang membuat Abdul Wahad disepakati jadi Ketua DPC GMNI Kendari karena ia lebih tua dan juga ia adalah Kader pertama GMNI Kendari dibandingkan Musrivin.

Didalam perjalanannya, kepengurusan ini mengalami pergantian pengurus, yakni adanya pergantian sekretaris karena Musrivin yang menjabat sebagai sekretaris mengundurkan diri. 

Penyebab Musrivin mengudurkan diri karena ia mendaftarkan diri sebagai Calon Legislatif di daerah Kabupaten Muna Barat - Sulawesi Tenggara dari Partai Gerindra.

Pergantian Sekretaris membuat Musrivin digantikan oleh Ahmad Arfan Mponini. Dan karena sesuatu yang tidak jelas alasannya, secara tiba-tiba pada saat Rapimcab, posisi Ahmad Arfan sebagai Sekretaris digantikan lagi oleh Harcun.

Bukti fisik SK Kepengurusan DPC GMNI Kendari pada periode ini tidak terdokumentasi dengan baik sehingga Struktur Kepengurusan tidak tertulis didalamnya, yang diketahui hanya Ketua dan Sekretaris terpilih

~ Masa Peralihan Abdul Wahad/Harcun ke Risal Papalia/Ahmad Arfan

Pada pertengahan perjalanan Kepemimpinan Abdul Wahad dan Harcun yakni awal Januari 2020, DPC GMNI Kendari mulai dianggap tak lagi sejalan dengan fungsi organisasi dan keluar dari rel Marhaenisme sehingga beberapa kader mulai melawan kepemimpinan Abdul Wahad/Harcun.

Kepemimpinan itu pula selalu dianggap sebagai kepemimpinan otoriter yang berkelanjutan dari sejak kepemimpinan Zulzaman. Kepemimpinan otoriter yang dilakukan adalah selalu mengambil keputusan sendiri dalam hal ini keputusan pribadi ketua dan dipaksakan menjadi keputusan organisasi serta ini selalu diketengahkan dalam organisasi. Kepemimpinan otoriter itu justru menghilangkan Kepemimpinan Kolektif dan fungsi Sosio Demokrasi dalam organisasi.

Didalam kepemimpinan ini pula selalu mendapatkan pertentangan karena selalu berlajan sesuai dengan kehendak hati pemimpinnya yang selalu mengabaikan AD/ART organisasi. Sehingga membuat kepemimpinan GMNI Kendari carut-marut karena asal-asalan.

Disisi lain juga, rentetan dari sikap Kepemimpinan otoriter tersebut terjadilah Persekusi terhadap peserta Kongres GMNI di Kota Ambon yang juga dilakukan oleh sebagian besar Kader GMNI asal Kendari. Hal itu dilakukan sebagai syarat untuk memasukan salah satu Kader GMNI Kendari untuk Pengurus DPP GMNI. 

Dari itu pula, ada sebagian kader yang menyadari bahwa itu adalah tindakan yang salah dan melakukan perlawanan. Salah satu yang melakukan perlawanan adalah Risal Papalia dan ini menjadi titik puncak bergeser kepemimpinan DPC GMNI Kendari.

Risal Papalia dan Ahmad Arfan Mponini resmi menahkodai kepengurusan DPC GMNI Kota Kendari periode 2020-2021 menggeser kepemimpinan Abdul Wahab sebagai Ketua dan Harcun sebagai Sekretaris. 

Resminya Rizal dan Arfan menahkodai DPC GMNI Kendari berdasarkan SK yang diterbitkan oleh DPP GMNI dengan Nomor: 018/SK/DPP.GMNI/IV/2020 tertanggal 9 April 2020.

Adapun perjalanan Keabsahan Risal Papalia dan Ahmad Arfan Mponini menggeser kepemimpinan Abdul Wahad - Harcun adalah sebagai berikut:

1. DPK GMNI FISIP UHO Kendari mengeluarkan surat penarikan dukungan atau rekomendasi terhadap Ketua DPC, Sekretaris DPC, dan Bendahara DPC yang berasal dari DPK GMNI FISIP UHO Kendari. 

2. Karena adanya Surat Penarikan Dukungan/Rekomendasi yang dilakukan oleh DPK GMNI FISIP UHO Kendari terhadap 3 Pengurus yang berasal dari DPK GMNI FISIP UHO, maka secara otomatis ada kekosongan Ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Dari itulah, DPK GMNI FISIP UHO Kendari mengajukan pergantian kepemimpinan dengan menarik yang lama dan merekomendasikan dengan yang baru  kepada DPP GMNI yang juga berasal dari DPK GMNI FISIP UHO Kendari.

3. Merespon adanya rekomendasi baru terhadap Ketua, Sekretaris, dan Bendahara DPC GMNI Kendari dan Surat Permohonan Penerbitan SK karena adanya kekosongan jabatan sentral di Kendari, maka itu DPP GMNI menerbitkan SK dengan Nomor: 018/SK/DPP.GMNI/IV/2020 tertanggal 9 April 2020 dengan status cabang adalah Carateker.

4. Terbitnya SK DPP GMNI untuk kepemimpinan baru DPC GMNI Kendari berdasarkan laporan DPK GMNI FISIP UHO Kendari kepada DPP GMNI yang telah mengeluarkan surat penarikan dukungan atau rekomendasi terhadap Ketua DPC, Sekretaris DPC, dan Bendahara DPC yang berasal dari DPK GMNI FISIP UHO Kendari. 

5. Penarikan dukungan itu, bukan tanpa alasan, tetapi dikarenakan carut marutnya DPC GMNI KENDARI dibawah kepemimpinan Abdul Wahab dan Harcun yang dikendalikan Zulzaman sebagai mantan Ketua DPC GMNI Kendari.

6. Diterbitkannya SK DPP itu sebagai upaya untuk menyelamatkan organisasi.

Adapun kepengurusan DPC GMNI Kendari 2020/2021 berdasarkan SK Nomor: 018/SK/DPP.GMNI/IV/2020 tentang Pengesahan Pengurus DPC GMNI Kendari adalah sebagai berikut:

Ketua : Risal Papalia 

Wakabid Organisasi : Abdul Hakim Latukau

Wakabid Kaderisasi : Iskandar Wijaya 

Wakabid Politik : Agun

Wakabid Pergerakan Sarinah : Novi Astuti 

Wakabid Agitasi dan Propaganda : La Sifu

Sekretaris : Ahmad Arfan Mponini

Wakil Sekretaris Bidang Organisasi : La Ode Anas

Wakil Sekretaris Bidang Kaderisasi : Ariyono Kaharuddin

Wakil Sekretaris Bidang Politik : Muhammad Rusli

Wakil Sekretaris Bidang Agitasi dan Propaganda Aksi : La Ode Muh. Martoton

Wakil Sekretaris Bidang Pergerakan Sarinah: Wa Ode Fitriani 

Bendahara : Isnaria Lasamandara

Wakil Bendahara : Wa Ode Nurhayati.

Masa kepengurusan DPC GMNI Kendari adalah selama 1 (Satu) tahun, berlaku sejak tanggal ditetapkannya hasil Konfercab DPC GMNI Kendari. 

Masa kepengurusan berlaku sejak Tanggal 04 April 2020 s.d.04 April 2021.


Salinan SK Nomor: 018/SK/DPP.GMNI/IV/2020 tentang Pengesahan Pengurus DPC GMNI Kendari.

~ Masa Konfercab III GMNI Kendari

Konfercab III GMNI Kendari dilaksanakan di Hotel City Kendari pada tanggal 28 Maret 2021. Dalam Konfercab itu mengalami sedikit dinamika, tetapi tidak berlangsung lama.

Dalam Konfercab itu, terpilih Ahmad Arfan Mponini dan Wa Ode Fitriani sebagai Ketua dan Sekretaris DPC GMNI Kendari.

Dalam perjalanannya, DPC GMNI Kendari mengalami perombakan struktur, dikarenakan mundurnya Waode Fitriani Sekretaris DPC. Maka itu, Waode Fitriani yang mengundurkan diri sebagai Sekretaris DPC digantikan dengan Waode Nurhayati.

DPP GMNI mengeluarkan SK dengan Nomor: 122/SK/DPP.GMNI/IV/2021 tertanggal 21 September 2021 sebagai pertanda disahkan kepengurusan DPC GMNI Kendari Periode 2021/2023.

Inilah pengurus DPC GMNI Kendari berdasarkan SK Nomor: 122/SK/DPP.GMNI/IV/2021 tentang Pengesahan Pengurus DPC GMNI Kendari:

Ketua : Ahmad Arfan Mponini 

Wakabid Organisasi : La Ode Anas 

Wakabid Kaderisasi : Ariyono Kamaruddin

Wakabid Politik : Naldo

Wakabid Pergerakan Sarinah : Sumi Herna Maliana

Wakabid Teknologi : Metias Andrianus Djo

Wakabid Agitasi dan Propaganda : Sahril

Sekretaris : Wa Ode Nurhayati 

Bendahara : Safira Salistia Ningsih.

Masa kepengurusan DPC GMNI Kendari adalah selama 2 (dua) tahun, berlaku sejak tanggal ditetapkannya hasil Konfercab DPC GMNI Kendari. 

Masa kepengurusan berlaku sejak Tanggal 28 Maret 2021 s.d.05 Maret 2023.


Salinan SK Nomor: 122/SK/DPP.GMNI/IX/2021 tentang Pengesahan Pengurus DPC GMNI Kendari.

- Masa Konfercab IV GMNI Kendari

Pada Konferensi Cabang (Konfercab) IV GMNI Kendari, Sahril dan Firman resmi terpilih secara sah untuk menahkodai Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Kendari periode 2023 - 2025 sesuai dengan aturan main yang telah ditetapkan oleh GMNI. 

Keduanya terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris secara aklamasi pada Konfercab IV GMNI Kendari yang dihelat di Aula Kantor Badan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sultra di Kota Kendari, pada hari Minggu sampai Sabtu tanggal 10 sampai 11 Juni 2023.

Konfercab IV GMNI Kendari itu bertemakan 'Pancasila Nation and Character Building dalam Membangun Peradaban dan Mengukuhkan Kebhinekaan di Era Society 5.0'.

Dalam konfercab tersebut memiliki dinamika yang cukup alot tetapi itu tak menimbulkan berdebatan yang panjang dan perselisihan. Konfercab itu berjalan dengan damai.

Disahkan Sahrir dan Firman sebagai Ketua dan Sekretaris DPC GMNI Kendari Periode 2023/2025 ditandai dengan terbitnya SURAT KEPUTUSAN (SK) Nomor: 258/SK/DPP.GMNI/VIII/2023 Tentang:  Pengesahan Pengurus DPC GMNI Kendari oleh Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia di Jakarta.

Kepengurusan DPC GMNI Kendari periode 2023/2025 sebagai berikut:

Ketua : Sahril 

Ketua Bidang Organisasi : Jaelani Sidik 

Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi : Diman Safaat 

Ketua Bidang Politik : Alman 

Ketua Bidang Pergerakan Sarinah : Sumi Herna Maliana 

Ketua Bidang Media dan Propaganda : Mochamad Angga Wanto 

Ketua Bidang Advokasi dan Pergerakan : Adesvandry 

Ketua Bidang Riset dan Teknologi : Rino Sugiarto Muru 

Sekretaris : Firman 

Bendahara : Putri Anastacia Della Meusu 

Wakil Bendahara : Febrian

Masa kepengurusan DPC GMNI Kendari adalah selama 2 (dua) tahun, berlaku sejak ditetapkannya hasil Konferensi cabang DPC GMNI Kendari. Masa Kepengurusan berlaku sejak 11 Juni 2023 s.d. 11 Juni 2025. (Lampiran Foto SK masih bersifat Privat)***


Sampul belakang buku ini. 


By: DPC GMNI KENDARI.

Post a Comment

Silahkan Anda Komentar dengan Santun dan Beradab !!!

Previous Post Next Post
close
Banner iklan disini